Install ANSYS 13

Oleh Bagas Dika Anggoro pada Sabtu, Mei 23rd, 2015


ANSYS merupakan salah satu software yang dipakai di Teknik Kimia. Fungsi dari software ini bermacam-macam, bisa untuk memodelkan aliran fluida, model struktur bangunan dan sebagainya. Untuk teknik kimia sendiri, software ini dipakai untuk memodelkan aliran fluida.

Pada post kali ini, saya akan memberitahu bagaimana menginstall ANSYS yang diperoleh dari Magnitude. Langkah-langkanya adalah sebagai berikut:

1. Extract ANSYS dari ISO nya. Klik kanan pada m-a1332a.iso, pilih extract to m-a1332a\

extract

Lakukan hal yang sama untuk file m-a1332b.iso. Tunggu sampai proses ekstraksi selesai.

2. Masuk ke folder m-a1332a.iso, cari file Setup.exe (sebaiknya di Run as Administrator). Lalu pilih Install Ansys Inc Products.

2. install ansys

3. Pilih I Agree, lalu next.

4. Tentukan Letak direktori penginstallan, pilih Next

5. Centang komponen Ansys yang akan di install. Lalu pilih Next

3

6. Beri centang pada kedua pilihan Skip. Lalu pilih lagi next.

47.  Centang lagi skip, lalu pilih next.

58. Biarkan ansys melakukan verifikasi. Kalau sudah pilih next dan proses instalasi akan dimulai.

69. Tunggu hingga Instalasi selesai. Lalu akan muncul kotak dialog yang meminta lokasi instalasi kedua. Arahkan pada folder m-a1332b dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Jika instalasi sudah selesai, klik close. Maka akan dikembalikan ke halaman awal seperti berikut:

2. install ansys10. Sebelum menginstall ANSYS License Manager, jalankan file API_Calc.exe yang ada di folder m-a1332a/MAGNiTUDE dengan Run As Administrator. Muncul tampilan seperti ini. Ketik Y lalu tekan Enter.

7

Saat sukses, muncul seperti ini:

8

Lalu close program, dan file lisensi bernama license.txt sudah berhasil dibuat.

9

11. Kembali ke halaman utama Instalasi ANSYS, Pilih Install ANSYS, Inc. License Manager, akan muncul peringatan lalu pilih OK. Pilih I Agree lalu next.

12. Pilih letak instalasinya (biasanya sudah default), lalu klik next. Lalu klik next lagi. Lanjutkan proses instalasi hingga muncul kotak dialog untuk menentukan tipe lisensi. Pilih pilihan “Install ANSYS with FLEXlm blablabla”, saat diminta file lisensi, browse ke file license.txt yang telah tergenerate tadi dan tunggu hingga instalasi selesai. Lalu close program instalasi. dan selesai!

13. Untuk memastikan, Run As Admin pada Server ANSLIC_ADMIN Utility.

13

Lalu, ketika semua berjalan lancar, status di pojok kiri bawah akan bertuliskan running.

14

Sampai di tahap ini, ANSYS sudah dapat digunakan, dan inilah tampilan utama dari ANSYS:

16

Q: ANSYS saya masih error saat dijalankan, dikatakan bahwa lisensi tidak terbaca? Bagaimana menanggulanginya?

A: khusus untuk kasus seperti ini, silahkan kamu cari dan download software bernama LMTools di google. atau bisa di download di halaman iniInstall program tersebut hingga selesai. Lalu pergi ke folder C:\Program Files\Autodesk Network License Manager, lalu jalankan file LMTools.exe sebagai administrator. Tampilannya adalah seperti ini:

10

Pergi ke tab Config Service. Buat Service baru bernama ANSYS

11

Pada “Path to the lmgrd.exe file”, browse ke C:\Program Files\ANSYS Inc\Shared Files\Licensing\win32\lmgrd.exe

Pada “Path to the license file”, browse ke C:\Program Files\ANSYS Inc\Shared Files\Licensing\license.dat (catatan, pindahkan terlebih dahulu file license.txt hasil dari API_Calc ke C:\Program Files\ANSYS Inc\Shared Files\Licensing\ lalu rename menjadi license.dat)

Pada “Path to the debug log file, pilih file text yang akan digunakan untuk logging dari service ini. Kalau sudah, pastikan semuanya benar, lalu pilih save service.

Selanjutnya, pergi ke tab Start/Stop/Reread,

12

Lalu pilih Start Server dan tunggu hingga Server Berjalan. Dan seharusnya selesai, ANSYS sudah dapat digunakan jika statusnya pada Server ANSLIC_ADMIN Utility semuanya sudah running! Selamat mencoba! 🙂

Bagikan ke temanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn



Kategori


0 komentar pada “Install ANSYS 13

- Belum ada komentar untuk post ini -

Ada Komentar?


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*